Motor Ramah Lingkungan ZERO



Image result for motor zero indonesia



Zero SR FX 12.5 ini merupakan salah satu model motor listrik buatan Zero Motorcycles. Perusahaan otomotif yang berpusat di California, Amerika Serikat dan diciptakan oleh Neil Saiki telah mengembangkan motor listrik sejak tahun 2006 lalu yang pada awalnya membuat motor listrik off road dan saat ini mengembangkan produk motor listrik jalanan. Sebenarnya Zero SR FX 12.5 ini sudah diperkenalkan di negara asalnya sejak 2014. Namun untuk pasar otomotif tanah air baru bisa merasakan tunggangan dengan inovasi terbaru ini pada pertengahan tahun 2015 mendatang. Dengan mengandalkan distributor lokal yaitu PT Garasindo Technologies Group, mereka akan yakin untuk menatap persaingan pasar otomotif di Indonesia tahun mendatang. Karena Zero SR FX 12.5 2015 ini memiliki keunggulan seperti tenaga utama yang tidak dimiliki motor konvensional yaitu berupa tenaga listrik yang pastinya akan lebih ekonomis dan mempunyai beberapa fitur unggulan seperti rem ABS, shock Showa dan lain-lain. Baiklah, untuk lebih lengkapnya bro dapat menyimak ulasan Mas Sena untuk Spesifikasi dan Harga Zero SR FX 12.5 2015 dibawah ini!rlebih dahulu ulasan spesifikasi Zero SR FX 12.5 2015 dari segi desainnya terlebih dahulu ini. Ternyata motor listrik buatan Zero Motorcycles ini tidaklah kalah rupawan dengan motor konvensional lainnya. Bahkan konsep dari desain spesifikasi Zero SR FX 12.5 2015 ini yang menganut konsep ‘Naked Bike’ sangat modern ini dapat disandingkan dengan ‘moge’ berkapasitas besar saat ini. Dengan dimensi wheel base 1.410 mm, tinggi jok 807 mm dan berat 208 kg ini tidak kalah nyaman dari motor konvensional lainnya apabila ditunggangi. Bahkan jenis frame dan body work berjenis delta box yang modern ini akan membuat Zero SR FX 12.5 2015 ini dengan mudah untuk dikendarai karena kestabilan dari frame jenis ini. Didukung dengan shock Showa yaitu up-side down pada bagian depannya dan monoshock  pada bagian belakangnya akan membuat handling semakin nyaman. Bahkan ban yang digunakan yaitu ban jenis Pirelli Diablo Rosso II yang berukuran besar yaitu 110/70 pada bagian depannya dan 140/70 pada bagian belakangnya dengan menggunakan velg berbentuk asimetris yang jika dilihat mirip dengan Satria FU dan berukuran 17 inci akan membuat tunggangan Zero SR FX 12.5 2015 ini semakin nyaman dan stabil untuk dikendarai. Pemasangan bentuk velg yang unik ini semakin menunjukkan jika motor ini adalah tipikal motor stylish yang bergaya. Untuk sistem pengereman dari spesifikasi Zero SR FX 12.5 2015 menggunakan cakram berukuran 320 mm pada bagian depan dan cakram berukuran 240 mm dirasa sudah cukup untuk menghentikan atau mengurangi kecepatan pada saat motor listrik ini melaju.
Setelah membahas spesifikasi Zero SR FX 12.5 2015 dari sisi tampilan dan desain motor elektrik ini saatnya kita beralih ke sektor dapur pacu motor ini. Spesifikasi Zero SR FX 12.5 2015 menggunakan motor penggerak berjenis Z-Force® 75-7  dengan pendingin udara yang memiliki tingkat ke-efisien-an yang tinggi, radial flux, permanent high-temp magnet dan brushless motor. Dengan dukungan kontrol motor yaitu High efficiency, 660 amp, 3-phase brushless controller with regenerative deceleration mesin Zero SR FX 12.5 ini menghasilkan tenaga maksimal 50 kW (67 hp ) dengan daya tarik atau torsi maksimal 144 Nm ini akan menghasilkan tarikan awal yang sangat cepat karena Zero SR FX 12.5 ini menggunakan transmisi Clutchless direct drive tanpa jeda yang sangat berbeda dengan transmisi konvensional dan itu artinya kenaikan power akan tetap menanjak atau dapat dikatakan grafik linearnya terus menanjak keatas tanpa pengurangan power sekalipun.
Bahkan dengan gear yang berukuran besar pada bagian belakang dari spesifikasi Zero SR FX 12.5 2015 ini yaitu 130 T serta daya tarik atau torsi yang dihasilkan tersebut dapat menempuh akselerasi dari kecepatan 0-100 km/jam hanya dengan waktu 3.9 detik saja. Bandingkan saja dengan akselerasi ‘moge’ konvensional seperti Ducati Panigale 1199, Yamaha R1, CBR 1000R dan lain-lain yang mempunyai waktu akselerasi 0-100 km/jam yang lebih lama yaitu berkisar 4-5 detik. Wow bisa dibayangkan begitu cepatnya Zero SR FX 12.5 2015 sang motor listrik ini melesat. Namun dengan kelebihan akselerasi, motor ini mempunyai batasan power yang masih kalah jauh jika dibandingkan dengan moge konvensional. Anda bahkan tidak merasakan getaran berlebihan karena stabilnya gear Zero SR FX 12.5 ini dalam mengendalikan kecepatan.
Adanya sabut serat karbon pada spesifikasi Zero SR FX 12.5 2015 juga mengurangi tingkat minimal gesekan pada gear motor sehingga anda tidak perlu selalu melakukan perawatan pada gear motor listrik ini. Apalagi dengan kemampuan maksimal pacu tersebut Zero SR FX 12.5 2015 ini hanya dapat meraih top speed maksimal 164 km/jam berbeda jauh dengan moge konvensional yang dapat meraih kecepatan maksimal hingga 300 km/jam lebih. Namun tentunya dengan batasan kecepatan tersebut akan menghasilkan ketahanan baterai yang lama. Zero SR FX 12.5 2015 yang menggunakan baterai berkapasitas 12.5 kWh untuk versi standarnya dan 15.3 kWh berjenis Z-Force® Li-Ion intelligent ini dapat menempuh jarak maksimal 298 km pada jalanan kota, 185 km pada jalanan bebas hambatan dan 201 km kombinasi keduanya. Pastinya daya ataupun kapasitas baterai pada spesifikasi Zero SR FX 12.5 2015 tersebut sudah sangat ekonomis karena hanya membutuhkan biaya $1.72 atau kurang dari Rp 20.000 untuk sekali chargenya. Sangat irit bukan? Karena dengan biaya charge baterai yang tejangkau tersebut dapat menempuh ratusan kilometer.
Ternyata untuk memiliki motor listrik buatan Zero Motorcycles yang satu ini membutuhkan kocek yang terlalu dalam karena harga Zero SR FX 12.5 terbaru sendiri cukup tinggi. Karena proses perakitan, part dan teknologi yang masih tergolong baru biaya pembuatannya tergolong tinggi dan hampir sama dengan moge konvensional lainnya. Untuk harga Zero SR FX 12.5 2015 sendiri dibanderol dengan harga $17,840 atau senilai Rp 220.000.000,-. Wah bagaimana bro sangat mahal yah untuk sebuah motor? Bahkan harga dengan kisaran harga segitu tentu bro sudah dapat membawa pulang sebuah mobil kelas menengah bukan? Maka bro semua perlu mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli motor listrik yang sangat mahal ini.

Komentar