Cara merawat vespa klasik bagi pemula.

"Cara merawat Vespa Klasik bagi pemula"


Image result for mesin vespa

       Pada kali ini saya akan membahas cara merawat vespa klasik bagi Pemula. Vespa klasik yang kita miliki jika lebih asik jika kita menegrti cara merawat nya, tidak hanya bisa membawa nya keliling kota. tetapi kita harus bisa merawatnya. Vespa biasanya dikenal sebagai kendaraan yang sering mogok. Tetatpi itu salah, karena jika kita pandai dalam merawat nya kita akan merasakan nikmatnya juga......  Berikut ini cara mearwatnya   

Karburator
Penyebab yang paling berpengaruh dari karburator selain boros ialah tersendatnya suplai bensin ke ruang bakar, pernah kan masbro atau mbaksist mengalami vespa jalannya sering tersendat-sendat seperti yang habis bensin padahal bensin masih dalam keadaan full? nah ini salahsatu penyebabnya. Maka dari itu rutinlah membersihkan bagian ini. 

Jalur Pengapian
Jalur pengapian vespa klasik terdiri dari beberapa komponen, seperti: platina, koil, spul jalan, dan kondesor. Bila salah-satu dari komponen ini pincang, maka banyak sekali pengaruhnya semisal; busi kerap nembak, motor berebet, busi cepat hitam ataupun basah. Hal yang musti dilakukan adalah pergantian berkala, untuk waktu pergantian itu sendiri bisa persatu tahun sekali atau bahkan lebih.

Untuk yang sudah menggunakan sistem CDI dalam pengapiannya, masbro gak usah khawatir. Vespa yang sudah mengadopsi sistem CDI jarang sekali terkena penyakit vespa yang sudah saya tulis di atas; bilapun mengalami hal demikian, segeralah konsultasikan pada mekanik kepercayaan masbro.

Boring, Silinder Head dan Knalpot
Untuk pembersihan bagian ini, masbro wajib lakukan per setahun atau dua tahun sekali, hal ini dimaksudkan agar kerak-kerak sisa pembakaran bisa dibersihkan sehingga tidak membuat vespa masbro dan mbaksist kinerja mesinnya tidak optimal. Namun untuk mencegah atau mengantisipasi kejadian ini, maka masbro dan mbaksist wajib memilih oli campur dan bahan bakar yang berkualitas.

Oli mesin dan Plat Kopling 
Walaupun oli mesin Vespa klasik jarang sekali mengalami tingkat penyusustan, namun alangkah baiknya rutinlah menggantinya agar komponen-komponen yang dilumasi oli tersebut bisa bertahan lama, utamanya adalah di sektor kopling, pergantian oli dilakukan per tiga bulan sekali. Untuk plat kopling, masbro bisa melakukan pergantian per setahun sekali sesuai tingkat keausan plat kopling itu sendiri.

Bagian-bagian lain
Di bagian-bagian lain, semisal: kampas rem, bearing-bearing, stang piston, piston, oli seal dan lain-lain, pergantiannya bisa disesuaikan dengan tingkat kenyamanan vespa itu sendiri. Namun yang direkomendasikan dari bagian-bagian yang sudah saya sebutkan adalah per tiga tahun sekali, gunanya adalah agar mesin tetap terjaga kualitasnya.

Nah masbro dan mbaksist seperti itulah kiat dan tips yang bisa saya suguhkan kepada masbro dan mbaksist perihal Cara Merawat Vespa Matic dan Klasik Untuk Pemula. Semoga berguna. Terimakasih.


Image result for mesin vespa















sumber:www.vespaindonesia.net 

Komentar