KTM adventure 1190 scoot version

IHasil gambar untuk ktm dakar



KTM 1190 Adventure
KTM ADV 1190N ORANGE

 Dibalik tampangnya yang jauh dari kesan ganteng, KTM 1190 Adventure R menyimpan tenaga yang begitu besar. Gimana nggak? Lha wong mesinnya saja diturunkan dari superbike KTM 1190 RC8 kok! Setelah dipasang pada KTM 1190 Adventure R, mesin V-twin 1.195 cc itu sedikit dijinakkan, tapi tenaganya ya tetap buas mencapai 150 HP. Dengan tenaga sebesar itu, bukan hal yang sulit bagi KTM 1190 Adventure R melaju di jalan tol dengan kecepatan lebih dari 200 km/jam. Banyak negara di dunia memang mengizinkan motor masuk ke jalan tol. Masuk ke jalur off road ringan pun tentu bukan masalah yang berarti bagi motor ini. Menariknya, mesin ini hanya perlu diservis setiap 15.000 km sekali.
 Hasil gambar untuk ktm dakar
KTM 1190 Adventure R dalam kondisi standar sudah dilengkapi dengan ban Continental Trail Attack 2 berukuran 150/70-18 (belakang) dan 90/90-21 (depan). Ban ini diklaim sangat nyaman dan menggingit ketika digunakan di jalan aspal, namun juga tidak terlalu buruk ketika masuk ke jalaur off road. Yang ada di foto itu bannya sudah diganti agar lebih joss buat off road!
Di bagian suspensi, motor ini sudah menganut upside down berdiameter 48 mm di depan dan mono shock pada bagian belakang. Kedua suspensi ini menggunakan produk buatan WP. Selain itu, terpasang juga steering dumper buatan WP yang memudahkan dalam hal pengendalian motor. Pada sektor pengereman juga sudah sangat canggih kok, karena terpasang cakram ganda di roda depan dan cakram tunggal di roda belakang buatan Brembo. Itu juga masih didukung oleh sistem ABS buatan Bosch.

Lalu, berapa bobot motor ini? Ternyata bobot KTM 1190 Adventure R tidak termasuk bahan bakar adalah 217 kilogram saja, sedangkan kalau bensin terisi penuh bobotnya mencapai 235 kilogram. Lumayan nampol juga yak?
Piranti elektronik canggih sudah pasti disematkan pada KTM 1190 Adventure R, seperti gas ride-by-wire dan power management. Untuk power management ini rider bisa memilih sport, street, dan rain. Jika opsi sport yang dipilih, tenaga maksimum 150 HP bisa dikeluarkan, sedangkan jika memilih opsi street, tenaga akan dibatasi hingga 100 HP saja. Sementara mode yang paling aman adalah rain. Selain itu ada juga Motorcycle Traction Control (MTC) yang menjaga ban agar tidak slip, terutama saat masuk jalur off road basah.
Menurut saya motor besar seperti ini lebih cocok digunakan untuk adventure jarak jauh, bahkan lintas negara. Riding position nyaman, jok nyaman, tenaga besar, dan bisa melintasi berbagai kondisi jalan. Monggo yang tertarik langsung saja sambangi showroom KTM Indonesia. Kali aja barangnya ready stock. Nggak tau juga kalau di Indonesia harganya berapa. Kalau di Amerika Serikat sih US$ 16.500 atau sekitar Rp 200 jutaan. Bisa jadi di Indonesia harganya tiga kali lipat alias sampai Rp 600 juta. berikut ini gambar gambar nya...... 


Hasil gambar untuk ktm dakar


Hasil gambar untuk ktm adventure 1190

Hasil gambar untuk ktm adventure 1190

Komentar