I
KTM ADV 1190N ORANGE |
Dibalik tampangnya yang jauh dari kesan ganteng, KTM 1190 Adventure R
menyimpan tenaga yang begitu besar. Gimana nggak? Lha wong mesinnya saja
diturunkan dari superbike KTM 1190 RC8 kok! Setelah dipasang
pada KTM 1190 Adventure R, mesin V-twin 1.195 cc itu sedikit dijinakkan,
tapi tenaganya ya tetap buas mencapai 150 HP. Dengan tenaga sebesar
itu, bukan hal yang sulit bagi KTM 1190 Adventure R melaju di jalan tol
dengan kecepatan lebih dari 200 km/jam. Banyak negara di dunia memang
mengizinkan motor masuk ke jalan tol. Masuk ke jalur off road
ringan pun tentu bukan masalah yang berarti bagi motor ini. Menariknya,
mesin ini hanya perlu diservis setiap 15.000 km sekali.
KTM 1190 Adventure R dalam kondisi
standar sudah dilengkapi dengan ban Continental Trail Attack 2 berukuran
150/70-18 (belakang) dan 90/90-21 (depan). Ban ini diklaim sangat
nyaman dan menggingit ketika digunakan di jalan aspal, namun juga tidak
terlalu buruk ketika masuk ke jalaur off road. Yang ada di foto itu bannya sudah diganti agar lebih joss buat off road!
Di bagian suspensi, motor ini sudah menganut upside down berdiameter 48 mm di depan dan mono shock pada bagian belakang. Kedua suspensi ini menggunakan produk buatan WP. Selain itu, terpasang juga steering dumper
buatan WP yang memudahkan dalam hal pengendalian motor. Pada sektor
pengereman juga sudah sangat canggih kok, karena terpasang cakram ganda
di roda depan dan cakram tunggal di roda belakang buatan Brembo. Itu
juga masih didukung oleh sistem ABS buatan Bosch.
Lalu, berapa bobot motor ini? Ternyata
bobot KTM 1190 Adventure R tidak termasuk bahan bakar adalah 217
kilogram saja, sedangkan kalau bensin terisi penuh bobotnya mencapai 235
kilogram. Lumayan nampol juga yak?
Piranti elektronik canggih sudah pasti disematkan pada KTM 1190 Adventure R, seperti gas ride-by-wire dan power management. Untuk power management ini rider bisa memilih sport, street, dan rain. Jika opsi sport yang dipilih, tenaga maksimum 150 HP bisa dikeluarkan, sedangkan jika memilih opsi street, tenaga akan dibatasi hingga 100 HP saja. Sementara mode yang paling aman adalah rain. Selain itu ada juga Motorcycle Traction Control (MTC) yang menjaga ban agar tidak slip, terutama saat masuk jalur off road basah.
Menurut saya motor besar seperti ini lebih cocok digunakan untuk adventure jarak jauh, bahkan lintas negara. Riding position nyaman, jok nyaman, tenaga besar, dan bisa melintasi berbagai kondisi jalan. Monggo yang tertarik langsung saja sambangi showroom KTM Indonesia. Kali aja barangnya ready stock.
Nggak tau juga kalau di Indonesia harganya berapa. Kalau di Amerika
Serikat sih US$ 16.500 atau sekitar Rp 200 jutaan. Bisa jadi di
Indonesia harganya tiga kali lipat alias sampai Rp 600 juta. berikut ini gambar gambar nya......
Komentar
Posting Komentar